Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Sambal Tumpang Mantap

Resep Sambal Tumpang Mantap. Mungkin sebagian orang masih merasa asing dengan sambal tumpang atau bahkan baru mendengarnya pada artikel kali ini. Sambal tumpang adalah sambal yang berbahan dasar dari tempe semangit atau tempe yeng telah berumur beberapa hari, kadang orang-orang Jawa biasa menyebutnya dengan istilah yang lebih ekstri yaitu "tempe bosok".

Buat anda yang tidak menemukan tempe semangit atau tempe bosok, maka solusinya yaitu dengan membeli tempe yang segar kemudia biarkan sampai beberapa hari sampai tempe cukup semangit, atau kalau tidak sabar menunggu bisa langsung saja diolah.

Bumbu yang wajib ada pada sambal tumpang adalah daun jeruk purut dan kencur, usahakan kedua bahan ini tersedia, karena tanpa kedua bahan tersebut sambal tumpang terasa kurang pas rasanya dan kurang nikmat. Langsung saja resep sambal tumpang dari Cemilan rakyat semoga bermanfaat.
Resep Sambal Tumpang Mantap

Bahan-bahan

* 200 gram tempe semangit
*400 ml santan
* 10 buah petai
* 8 buah cabe merah
* 5 buah cabe rawit
* 5 siung bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 3 sdt garam
* 2 cm kencur
* 2 lembar daun jeruk
* 2 lembar daun salam
* 1 sdt gula pasir
* 1 cm lengkuas, memarkan
* Daging tetelan secukupnya
* Kerupuk kulit (rambak) secukupnya

Cara membuat

1. Tempe, daging, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, cabai, kencur, salam, dan lengkuas direbus jadi satu
2. Setelah dagingnya empuk, angkat dan daging dipotong-potong kecil
3. Bahan rebusan lainnya semuanya diulek sampai halus kecuali daun salam, lengkuas, dan daging, masukkan daging yang telah dipotong-potong tadi
4. Semua bahan direbus kembali dan diberi santan,setelah mendidih lalu masukkan kerupuk kulit dan petai, beri sedikit garam dan gula pasir, tunggu sampai agak mengental lalu angkat
5. Sajikan dengan kerupuk dan urapan sayur.

Demikianlah resep sambal tumpang mantap. Bagaimana mudah sekali bukan? Silahkan mencoba dan baca juga resep sambal lainnya hanya disini.  Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sambal Tumpang Mantap