Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Membuat Bolu Kukus

Resep Membuat Bolu Kukus. Cara membuat bolu kukus sebenarnya sama dengan pembuatan bolu pada umumnya, perbedaan yang paling mencolok adalah komposisi air dalam adonan. Pada bolu kukus dibutuhkan air yang cukup banyak untuk membuatnya mengembang atau mekar, berikut resep beserta cara membuat bolu kukus.
Resep Membuat Bolu Kukus

Bahan

1. Telur dua butir
2. Gula putih 226 gram
3. Terigu 251 gram
4. Ovalet 1 sendok teh
5. Pewarna makanan 2 jenis (sesuai keinginan)
6. Soda 150 mili liter

Cara Pembuatan

1. Kocok telur menggunakan mixer otomatis. kemudian, masukan gula, tunggu sekitar 30 menit, saat pengocokan hampir selesai, tambahkan ovalet.

2. Siapak cetakan untuk memasukan kertas bolu kedalam cetakan tang berlubang.

3. Jika  pengocokan tadi sudah sampai waktu yang ditentukan, silahkan masukan soda lalu kocok lagi kira-kira 3 menit.

4. Ayak tepung terigu, supaya lebih bersih dan mudah diaduk, lalu masukan ke dalam kocokan, aduk sampai menyatu dengan semua bahan.

5. Pisah adonan menjadi 3 bagian, beriakan warna yang berbeda-beda pada adonan tersebut, untuk adonan putih tak perlu dikasih warna, untuk adonan lain perlu pakai pewarna yang dibutuhkan masing-masing cukup 1 tetes aja.

6. Lalu masukan adonan kedalam cetakan yang tadi sudah disiapkan, cara memasukannya diselang seling agar nanti setelah matang bulo terlihat indah seperti pelangi

7. Pada saat memasukan adonan kedalam cetakan sebaiknya anda sudah menyalakan kompor, agar setelah selesai mencetak tempat untuk mengkukus sudah panas dan siap.

8. Kukus bolu sekitar 15 menit, atau kiranya sudah matang.

Agar bolu bisa mekar atau mengembang

1. Gunakan soda kue yang masih utuh atau masih baru belum dibuka.

2. Gunakan kecepatan mixer untuk mengaduk adonan dengan kecepatan tinggi karena itu akan berpengaruh pada mekar atau tidaknya bolu

3. Gunakan cetakanyang  berlubang karena akan memberi jalan agar adonan terena uap yang lebih panas.

4. Lapisi pengukus dengan kain bersih untuk menyerap uap agar tidak mengenai bolu saat dikukus.

Demikianlah cara membuat bolu kukus, semoga resep diatas bermanfaat. Untuk resep pembuatan bolu atau resep lainnya anda bisa membacanya di cemilan rakyat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Bolu Kukus