Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Ikan Acar Kuning Lezat Dan Mudah

Resep Ikan Acar Kuning Lezat Dan Mudah. Menu masakan ikan acar kuning ini pasti bisa menggugah nafsu makan anda dan keluarga, bentuknya yang menggoda serta aromanya khas yang dihasilkan dari campuran wortel, nanas, dan mentimun, masakan ini sangat cocok buat menu makan siang anda beserta keluarga anda.

Ikan yang bisa diolah dengan bumbu acar kuning ini banyak jenisnya,mulai dari ikan nila,ikan patin, ikan bandeng dan lain-lainnya. Bagi ibu-ibu rumah tangga pasti sudah hafal dengan resep masakan ini karena ini termasuk masakan khas nusantara.

Agar pembahasan kita kali ini tidak panjang lebar kemana-mana langsung saja kita masuk ketopik bahasan yaitu tentang tata cara pembuatan ikan acar kuning,pembuatannya tidak rumit asal semua bahan yang kita butuhkan sudah tersedia, berikut resep ikan acar kuning.

Bahan-bahan

* 1/2 kg ikan gurami atau nila segar
* 2 cm jahe,diparut
* 2 sdt garam
* 2 sdt gula pasir
* 2 sdm minyak untuk menumis
* 2 cabe merah besar,iris serong
* 1 batang serai, memarkan
* 1 sdt cuka
* 1 batang daun bawang, iris serong
* 100 gram wortel, potong kecil panjang
* 100 gra mentimun, buang biji, potong kecil panjang

Bumbu yang dihaluskan

* 5 butir bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 2 butir kemiri, disangrai
* 2 cm kunyit dibakar
* 1/4 sdt merica bubuk

Langkah-langkah pembuatan iakn acar kuning

1. Ikan nila dilumuri dengan air jeruk nipis, jahe dan garam, diamkan selama 10 menit.
2. Ikan nila digoreng sampai coklat lalu angkat dan ditiriskan.
3. Tumis bumbu yang halus pada minyak yang panas, masukkan serai, wortel, cabe merah dan timun, aduk-aduk hingga terlihat layu.
4. Lalu tambahkan gula pasir, garam dan air, masak sampai matang.
5. Terakhir masukkan ikan nila yang telah digoreng, aduk sampai merata, tambahkan cuka dan daun bawang,aduk-aduk lagi lalu angkat. 
6. Ikan acar kuning siap untuk dihidangkan.

Demikianlah resep ikan acar kuning lezat dan mudah. Bagaimana bunda mudah sekali bukan untuk membuat ikan acar kuning. Silahkan mencoba dan semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih. Untuk resep lainnya silahkan baca disini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ikan Acar Kuning Lezat Dan Mudah