Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Kerupuk Gendar Renyah Dan Gurih

Kerupuk Gendar Renyah Dan Gurih. Kerupuk adalah salah satu jenis makanan ringan yang umumnya terbuat dari adonan tepung topioka yang biasanya dicampur dengan perasa ikan atau udang. Pada umumnya kerupuk yang dijual dipasaran dalam keadaan mentah dan belum digoreng, sebelum digoreg biasanya kerupuk dipanaskan dahulu di bawah terik matahari agar kerupuk terasa renyah.

Kerupuk merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia sebagai lauk haidangan atau sebagai camilan, bahkan kadang kerupuk juga dijadikan ajang lomba ketika hari ulang tahun peringatan kemerdekaan Indonesia yaitu lomba makan kerupuk.

Kerupuk memang banyak sekali variannya, tetapi yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang cara pembuatan kerupuk gendar, atau kadang biasa disebut gendar saja. Kerupuk ini terbuat dari adonan nasi yang telah diberi bumbu rempah-rempah dan adakalanya kadang dicampur dengan bleng. Langsung saja cara pembuatan Kerupuk Gendar Renyah Dan Gurih dari cemilan rakyat semoga bermanfaat.


Bahan-bahan

* 1/2 kg beras dicuci bersih
* 30 gram bleng
* 25 gram bawang putih, haluskan
* 1 1/2 sdm garam
* 1 sdt vetsin
* minyak goreng secukupnya

Cara membuat

1. Campurkan bleng, bawang putih, vetsin, dan garam dengan 1000 ml aduk hingga rata
2. Rendamlah beras yang telah dicuci bersih dalam larutan bleng, diamkan selama 2 jam, tiriskan beras, kemudian kukus selama 30 menit.
3. Didihkan 500 ml air dan 1 1/2 sdm garam. Masukkan beras kukus. Aduk-aduk hingga meresap. kukus lagi selama 30 menit sampai matang. Angkat, lalu tumbuk halus beras
4. Kemudian padatkan di loyang loaf yang dialasi dengan plastik. Diamkan selama satu malam
5. Giling tipis-tipis 10 x 7 cm, letakkan di atas tampah lalu jemur di bawah terik matahari sampai kering
6. Goreng di atas minyak yang telah dipanaskan di atas api yang sedang saja sampai matang.

Demikianlah resep kerupuk gendar yang renyah dan gurih. Selamat mecoba semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kerupuk Gendar Renyah Dan Gurih