Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Membuat Arem-arem Isi Daging

Resep Membuat Arem-arem. Arem-arem adalah jajanan tradisional yang bentuknya menyerupai lontong namun lebih pendek, terbuat dari nasi yang biasanya berisi sambal goreng atau sayuran, kadang juga berisi daging cincang yang sudah dimasak.Arem-arem merupakan camilan khas dari daerah Kebumen, namun di daerah-daerah lain di pulau Jawa juga banyak yang sudah mengenal arem-arem.

Dalam pembuatan arem-arem biasa isinya dibuat terlebih dahulu, seperti sambal gorengnya. Kemudian beras dimasak sampai setengah matang, nasi yang setengah matang tersebut lalu ditata pada permukaan yang rata, kemudian isi ditaruh di atasnya dan digulung bersama nasi, selanjutnya gulungan tersebut digulung menggunakan daun pisang lalu dikukus.

Arem-arem biasanya banyak disajikan ketika ada hajatan-hajatan, terutama di daerah Jawa, biasanya sebagai pelengkap buat sajian para tamu. Pada kesempatan kali ini cemilan rakyat akan menjelaskan bagaimana cara pembuatan arem-arem ini, semoga bisa bermanfaat dan anda bisa mencobanya sendiri di rumah.


Resep Arem-arem


Bahan-Bahan

* 1/2 kg beras
* 700 ml air
* 300 ml santan kental
* 2 lembar daun salam
* 2 sdt garam
* daun pisang secukupnya
* tusuk gigi secukupnya

Bahan isi

* 350 gram daging giling
* 300 ml santan kental
* 1 buah tahu putih, potong dadu dan goreng setengah matang
* 1 buah wortel, potong dadu

Bumbu yang dihaluskan

* 5 buah cabai merah
* 4 siung bawang putih
* 4 butir bawang merah
* 2 cm lengkuas
* 1 buah tomat
* 2 sdt gula pasir
* 1 sdt garam

Cara membuat

1. Masaklah beras bersama santan, air, daun salam dan garam hingga mendidih. Tunggu sampai menjadi nasi aron yang lembek, dan sisihkan.
2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
3. Masukkan daging giling, tahu, wortel dan santan, aduk hingga matang dan santan menyusut. Sisihkan.
4. Siapkan daun pisang, ambil 3 sdm nasi aron dan ambil 2 sdt bahan isi yang diletakkan di tengahnya. Bungkus sambil dipadatkan menggunakan tusuk gigi seperti membuat lontong, lakukan sampai adonan habis.
5. Panaskan air, lalu kukus selama 1 jam. Angkat dan sajikan. 

Demikianlah resep membuat arem-arem isi daging. Bagaimana bunda mudah sekali bukan untuk membuatnya. Arem-arem sangat cocok untuk acara hajatan atau sekedar untuk menunda lapar perut anda dan keluarga, arem-arem juga cocok untuk bekal anda ketika berpergian. Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Arem-arem Isi Daging