Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Cara Membuat Tape Singkong

Cara Membuat Tape Singkong - Tape adalah sejenis kudapan hasil proses fermentasi bahan pangan berkabrohidrat sebagai substrat oleh ragi, biasanya berupa ubi singkong atau beras ketan. Ragi yang dihasilkan oleh fermentasi berupa campuran beberapa mikroorganisme.

Ada beberapa jenis tape yang ada di negeri ini, diantaranya yaitu tape uli, tape singkong, tape beras ketan, tape ketan hitam dan lainnya. Untuk yang tape singkong masyarakat Sunda biasa menyebutnya dengan peyeum. Di daerah Sunda banyak kita jumpai peyeum ini seperti di daerah Bandung, Cianjur, Sukabumi, Banten dan daerah lain di Jawa Barat.

Selain aromanya yang memikat dan rasanya yang manis, tape juga kadang dibuat dengan beberapa warna yang berbeda, warna tersebut berasal dari pewarna alami, jadi tidak berbahaya jika dikonsumsi. Dalam pembuatan tape memerlukan kecermatan dan kebersihan agar ketan atau singkong bisa menjadi lunak karena fermentasi berlangsung dengan baik. Buat anda yang masih bingung tentang bagaimana pembuatannya tape maka tidak ada salahnya anda menyimak resep membuat tape singkong dari saya ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda.


Cara Membuat Tape Singkong
Cara Membuat Tape Singkong

Bahan-bahan

* 1 kg singkong
* 3 butir ragi tape
* daun pisang secukupnya untuk menutupi

Cara membuat

1. Kupas singkong terlebih dahulu lalu kerok bagian tubuhnya, kemudian potong-potong menurut selera.
2. Kukus singkong hingga matang, angkat lalu dinginkan.
3. Hancurkan ragi tape sampai halus, sisihkan, ambil wadah, kemudian lapisi dengan daun pisang.
4. Masukkan singkong yang telah selesei dikukus tersebut ke dalam wadah tadi.
5. Taburi singkong dengan ragi yang halus tadi sampai merata, kemudian tutupi dengan daun pisang.
6. Diamkanlah di tempat yang kering dan tertutup sekitar 2-3 hari, bukalah tape apabila sudah tercium baunya. Selamat mencoba.

Demikianlah cara membuat tape singkong. Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Tape Singkong