Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo

Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo - Tahu merupakan bahan makanan yang sangat populer sekali, bersama dengan tempe, tahu kerap menjadi menu utama berbagai masakan nusantara, baik di warung makan pinggir jalan maupun di restoran berbintang. Rasanya yang gurih dan kandungan nutrisi yang lengkap pada tahu dan tempe membuat keduanya sangat disukai oleh masyarakat semua kalangan, terlebih harganya yang sangat murah, sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang berkantong pas-pasan.

Tahu sendiri dapat diolah menjadi berbagai olahan masakan. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah resep masakan tahu acar khas Solo, kenapa khas solo, karena masakan atau jajanan tersebut berasal dari kota solo. Jajanan ini sangat populer sekali di Solo, rasanya yang nikmat membuat jajanan ini banyak di gemari masyarakat terutama bagi kaum muda.

Untuk menikmati tahu acar khas solo anda tak perlu pergi jauh-jauh ke solo, anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Untuk membuat jajanan tahu acar solo tidaklah sulit, jadi anda bisa mempraktekannya sendiri dirumah. Bagaimana resepnya, yuk kita simak resep membuat tahu acar khas solo.
Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo
Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo

Bahan-bahan tahu acar khas solo

- 3 buah tahu cina
- 1/4 kg tempe potong-potong
- 200 gram kol iris-iris
- 100 gram tauge sedu lalu tiriskan
- 150 gram tomat merah iris-iris tipis
- 1/4 kg mie kuning basah seduh lalu tiriskan
- Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu yang dihaluskan

- 5 siung bawang putih
- 3 pcs kemiri sangrai
- 3 sdm gula merah
- 1 sdt garam dapur
- 1/2 sdt merica

Bahan kuah

- 1000 cc air masak hingga mendidih
- 50 cc kecap manis
- 2 sdm bawang goreng
- 1 sdm cuka
- 1 sdm minyak goreng

Bahan untuk taburan

- 100 gram kacang tanah goreng 
- 2 sdm seledri cincang
- Acar mentimun Secukupnya
- Irisan cabe rawit secukupnya

Cara membuat tahu acar sedap khas solo

- Panaskan minyak, lalu masak tahu dan tempe yang telah di potong-potong hingga matang
- Untuk membuat kuahnya, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, lalu masukan air dan masak hingga mendidih, tambahkan juga kecap manis, bawnag goreng dan cuka
-  Cara menyajikannya, siapkan piring letakan mie kuning yang telah disedu, tahu, tempe, tambahkan irisan kol, tomat, tauge lalu siram dengan kuah yang telah mendirih
- Beikan taburan seperti kacang tanah goreng, seledri, acar mentimun dan irisan cabe rawit
- Tahu acar khas solo siap untuk disajikan

Demikianlah resep membuat tahu acar sedap khas solo. Kini anda tak perlu pergi ke solo untuk menikmati tahu acar khas solo, anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Selamat mencoba, semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo