Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Tips Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi

Tips Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi - Lebaran sebentar lagi, kurang lengkap rasanya jika lebaran tanpa opor ayam. Ya opor ayam merupakan makanan khas lebaran yang sudah menjadi tradisi sejak jaman dulu. Opor ayam ini biasanya dipadukan dengan ketupat ata lontong yang juga merupakan makanan khas lebaran. Ketupat atau lontong juga opor ayam sangat cocok sekali sebagai menu utama berkumpulnya keluarga besar di hari raya idul fitri.

Untuk membuat opor ayam sendiri sangat mudah, dan tentunya bunda juga sudah pandai dalam hal memasak opor ayam. Namun yang sering jadi masalah disini adalah mengapa opor ayam cepat basi. Padahal hari raya idul fitri tidak dirayakan cuma 1 hari saja, bisa 2, 3 hingga  hari. Lalu bagaimana caranya agar opor ayam tetap bisa dikonsumsi bersama keluarga selama itu tanpa basi.

Nah berbicara tentang masalah opir ayam yang cepat basi, kali ini cemilan rakyat akan memberikan beberapa tips agar opor ayam tahan lama dan tak cepat basi. Penasaran bagaimana tipsnya. Berikut tips agar opor ayam tidak cepat basi.
Tips Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi
Tips Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi

1. Pilihlah kelapa tua dan masih segar

Cara pertama yaitu anda harus menggunakan kelapa tua dan segar untuk membuat santan. Gunakan juga air hangat ketika memeras kelapa parut untuk membuat santan, Hal ini untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri. Seperti yang kita ketahui santan merupakan bahan wajib dalam pembuatan opor ayam.

2. Masak opor ayam hingga benar-benar matang atau tanak

Cara berikutnya yaitu anda memasak opor ayam harus benar-benar matang dan tanak, jangan hanya asal mendidih saja. Setelah opor ayam mendidih, anda biarkan api tetap menyala kurang lebih 10 menit agar opor ayam benar-benar matang dan tanak. Opor ayam yang tanak selain akan terasa empuk juga akan tahan lama.

3. Hangatkan sebelum disantap

Seperti makanan lain pada umumnya, opor ayam juga akan terasa nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Oleh sebab itu baiknya anda panaskan terlebih dulu sebelum disantap. Menghangatkan makanan juga akan mencegah makanan menjadi basi.

4. Jangan diaduk setelah dihangatkan

Ketika anda dan keluarga sudah selesai menyantap opor ayam, baiknya opor ayam anda hangatkan kembali, dan setelah itu jangan anda aduk-aduk lagi. Kontak dengan benda asing atau udara asing setelah dihangatkan justru akan membuat opor ayam menjadi cepat basi.

5. Jangan menutup panci setelah dihangatkan

Jika kebanyakan orang menutup panci setelah makanan matang atau hangat, namun hal ini jangan anda lakukan pada makanan bersantan seperti opor ayam. Makanan bersantan dalam keadaan panas atau hangat jika ditutup akan membuat udara didalamnya terjebak hingga akhirnya menyebabkan makanan menjadi basi. Baiknya anda tunggu dulu hingga dingin baru anda tutup.

6. Masukan kedalam kulkas

Jika anda dan keluarga kiranya tak ingin mengkonsumsi opor ayam dalam waktu yang cukup lama, baiknya anda simpan opor ayam di dalam kulkas, nanti anda tinggal menghangatkanya kembali ketika ingin menyantapnya.

Demikianlah informasi tentang Tips Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi