Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Tips Membuat Ketupat Yang Lezat Dan Pulen

Tips Membuat Ketupat Yang Lezat Dan Gak Keras Serta Gak Lembek - Tak terasa lebaran hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Nah apakah bunda sudah menyiapkan segala hal untuk menyambut hari kemenangan tersebut. Hari raya Idul fitri identik dengan sajian-sajian khas seperti kue, opor ayam dan yang tak boleh ketinggalan adalah ketupat. 

Nah untuk membuat ketupat sendiri bukanlah perkara yang mudah. Karena banyak ibu-ibu rumah tangga yang gagal dalam membuat ketupat, entah ketupatnya terlalu keras atau terlalu lembek. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi, kali ini celimat rakyat akan memberikan tips membuat ketupat yang pulen sempurna, tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Berikut tips membuat ketupat yang lezat dan pulen sempurna.
Tips Membuat Ketupat Yang Lezat Dan Pulen
Tips Membuat Ketupat Yang Lezat Dan Pulen

1. Pilihlah beras pulen

Seperti yang kita ketahui, beras merupakan bahan utama untuk membuat ketupat. Nah untuk mendapatkan katupat yang pulen sempurna, tentu kita tak boleh sembarangan dalam memilih beras. Jadi pilihlah beras pulen dengan kualitas baik. Rendam beras kira-kira 30 menit agar mudah mengembang.

2. Air kapur

Tips selanjutnya yaitu dengan meggunakan air kapur. Setelah beras dicuci, tungkan 3-5 sendok makan air kapur sirih. Manfaat dari air kapur sirih sendiri yaitu untuk membuat ketupat menjadi padat dan kenyal.  Campurkan pada beras hingga beras berubah menjadi kekuningan, kemudian bilas belas dan masukan kedalam wadah daun ketupat.

3. Perhatikan takaran

Untuk membuat ketupat yang pulen sempurna, anda juga wajib memperhatikan katarannya. Jangan mengisi beras terlalu banyak, dan jangan pula mengisi beras terlalu sedikit. Isilah beras kira-kira 3/4 dari ukuran wadah daun ketupat. Namun jika berasnya perah, anda bisa mengisini 1/3 saja.

4. Masak hingga terendam

Cara terakhir yaitu masak ketupat hingga semuanya terendam sempurna. Ketupat yang terendam keseluruhan akan matang dengan baik dan sempurna. Dan alangkah baiknya memasak saat sair sudah panas, anda juga bisa menambahkan air lagi ketika air berkurang.

Demikianlah informasi tentang Tips Membuat Ketupat Yang Lezat Dan Pulen. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membuat Ketupat Yang Lezat Dan Pulen