Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Kue Cenil Empuk

Resep Kue Cenil Empuk. Kue adalah salah satu makanan ringan yang sangat populer di dunia, salah satunya di negara kita Indonesia. Banyak sekali varian kue dan tidak ada habisnya kalau dikreasikan. Kue pada umunya bercita rasa manis walaupun kadang juga ada yang rasanya gurih dan asin.

Kue bisa dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, atau digoreng. Kue di Indonesia umumnya dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu kue basah dan kue kering. Kue basah teksturnya empuk dan lembut, dan biasanya tidak tahan lama, kue basah banyak kita temui di pasar-pasar tradisional.

Pada kesempatan kali ini cemilan rakyat akan mengupas tentang cara pembuatan kue cenil, kue cenil merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang enak, kue cenil pada umumnya diberi taburan parutan urap kelapa yang menjadi ciri khasnya. Agar tidak penasaran cara buatnya langsung saja anda simak resep kue cenil berikut ini.
Resep Kue Cenil Empuk

Bahan-bahan

* 1/2 tepung kanji
* 200 ml air daun pandan
* 1 tetes pewarna merah
* 1 tetes pewarna kuning
* 1 tetes pewarna hijau
* 1 tetes pewarna kuning
* 1/2 sdt garam
* 1/4 sdt esens pandan / sesuai selera
* 1/4 sdt esens durian / sesuai selera
* 1/4 sdt esens strawberi / sesuai selera

Taburan kelapa

* 1 sdm gula pasir
* 1/2 butir kelapa muda, parut memanjang
* 1/4 sdt garam

Cara membuat kue cenil tiga warna

1. Campurkan tepung kanji, 100 ml air daun pandan dan garam, aduk-aduk. Masak hingga mendidih dan kental. Angkat
2. Masukkan sisanya tepung kanji sedikit demi sedikit, aduk-aduk hingga kalis, diamkanlah sampai adonan dingin
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing-masing adonan diberi pewarna merah, kuning dan hijau. Uleni menggunakan tangan sampai kalis, lalu adonan dibulat-bulatkan
4. Masak 100 ml air daun pandan hingga mendidih. Masukkan adonan yang telah dibulat-bulat tadi, masak sampai mengapung, angkat kemudian tiriskan
5. Buat taburan kelapa : kukus kelapa yang telah diparut, campurkan dengan garam. Cenil diguling-gulingkan ke dalam parutan kelapa sampai rata. Sajikan beserta taburan gula pasir.

Demikianlah resep kue cenil empuk. Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Cenil Empuk